Sabtu, 04 Agustus 2018

INDUK BEBEK MERGANSER ASUH 76 ANAK


Pemandangan tak biasa terekam kamera fotografer satwa liar Cameron Cizek di Danau Bemidji, Minnesota. Dalam video yang diunggahnya, teelihat seekor induk bebek merganser diikuti oleh 76 anak itik. Hal ini menimbulkan pertanyaan, dari mana bebek tersebut mendapatkan seluruh anakan tersebut?
Menurut Steve Cordts, seorang staf spesialis burung air di Departemen Sumber Daya Alam Minnesota, lusinan anak itik tersebut bukan seluruhnya milik induk itu. Ia memperolehnya dari banyak induk di danau yang membentuk kelompok, disebut creche. Banyak faktor yang berkontribusi pada ukuran crèche ini, kata Dave Rave, seorang manajer satwa liar dan rekan Cordts. Salah satunya adalah pencairan salju belakangan di danau. Menunggu Cuaca Hal itu memaksa induk-induk itik bersarang dan menunggu waktu yang sama agar bisa bertelur. Mereka mempertimbangkan keadaan cuaca. Untuk diketahui, cuaca yang ringan meningkatkan peluang telur-telur itu menetas. "Satu hal yang mengejutkan saya tentang creche khusus ini adalah bahwa semua anak itik masih muda, dan mereka hampir seumuran," kata Rave dikutip dari National Geographic, Jumat (27/07/2018). "Saya telah melihat beberapa crèche di mana anak bebek memiliki beberapa tingkat usia yang berbeda," sambungnya.

Teori lain adalan induk yang bertanggung jawab atas 76 anakan itu dianggap sebagai "nenek". Kemungkinan ia tahu lebih banyak tempat terbaik untuk mencari makanan dan cara menghindari predator. Sebagai informasi, ketika anak itik mengikuti seekor induk, maka ia harus bertanggung jawab memberi anak-anak itik tersebut makan dan menjauhkannya dari bahaya. Hal ini membuat induk itik yang lebih muda secara sukarela memberikan anakan mereka untuk diasuh "nenek". Anakan Yatim Piatu Hipotesis lain menyebut, induk tersebut menjemput anakan itik yang telah yatim piatu. Atau, induk sebenarnya dari anak-anakan itu kurang berpengalaman. Ada pula kemungkinan anak-anak bebek itu bingung dan mulai mengikuti induk yang salah. Biasanya creche akan tetap bersama selama dua bulan atau sampai anak itik sudah berumur lebih dari satu bulan dan bisa terbang. Saat itu, induk ini tidak perlu lagi memimpin mereka. Terbang Bersama Ketika anak itik mulai tumbuh bulu untuk terbang, induknya akan meninggalkan mereka. Selanjutnya 76 anakan itik tersebut akan tinggal bersama dalam kelompok besar untuk mencari ikan. "Mereka mulai membangun kelompok-kelompok yang sangat besar dari beberapa ratus burung, dan mereka cenderng bermigrasi bersama," kata Rave. Itik merganser umumnya bermigrasi dari Amerika Utara menuju ke selatan sejauh Pantai Teluk.
Ketika mereka berusia sekitar empat tahun, itik betina dari kawanan ini akan menemukan pasangan saat musim dingin. Mereka kemudian akan "pulang" ke tempat di mana mereka menetap, Danau Bemidji. Kelompok Lain Meski kelompok itik ini cukup mengesankan, Cordts mengatakan, sekitar empat tahun lalu ada kelompok yang lebih besar di danau yang sama. "Itu lebih dari seratus," kata Cordts. "Meskipun mereka akan lebih sulit berhitung ketika ada banyak anggota kelompok," sambungnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Biasa, Induk Bebek Merganser Terekam Kamera Asuh 76 Anak", https://sains.kompas.com/read/2018/07/30/173500723/tak-biasa-induk-bebek-merganser-terekam-kamera-asuh-76-anak.
Penulis : Resa Eka Ayu Sartika


Tidak ada komentar:

Posting Komentar