Sabtu, 18 Agustus 2018

BUKAN HANYA MANUSIA, BURUNG JUGA PANDAI MENGUPING


Burung memiliki kemampuan yang sangat baik dalam “menguping” atau mendengarkan isyarat panggilan 'alarm' dari burung-burung lainnya. Bahkan mereka juga belajar mengenai apa yang terjadi tanpa melihat kawanannya atau predator terlebih dahulu.
Andy Radford, seorang professor dari University of Bristol yang mempelajari perilaku ekologi menyebutkan, masing-masing spesies burung memiliki bahasanya sendiri. Seperti halnya bahasa yang digunakan manusia, terdapat beberapa jenis bahasa yang memiliki kemiripan, namun ada pula yang akan sangat berbeda, meskipun pada dasarnya mengandung makna yang serupa.
Selain memiliki bahasa sendiri, kelompok burung ini juga menangkap bahasa dari spesies lain, khususnya mereka belajar untuk mendeteksi bahaya dengan menguping panggilan 'alarm' dari burung-burung lainnya.
Radford dan rekannya mencoba mempelajari bagaimana proses belajar yang terjadi pada burung dengan melakukan eksperimen terhadap jenis burung Fairy Wren (Cikrak Peri Agung), salah satu burung yang khas dari Australia bagian Tenggara.

Mereka menggunakan panggilan 'alarm' yang tidak familiar bagi burung bertubuh mungil tersebut. Percobaan pertama diketahui tidak menghasilkan respons pada burung Cikrak.
Selanjutnya para peneliti mengombinasikan panggilan tersebut dengan suara-suara yang mampu dikenali burung dari keluarga Maluridae. Hasilnya, setelah pelatihan terhadap burung ini dilakukan, suara yang awalnya tidak nampak familiar, menjadi mampu untuk dikenali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar