Minggu, 22 Mei 2016

Kenapa Kancing Baju Pria dan Perempuan Posisinya Berbeda? Ini Ceritanya



Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kancing kemeja perempuan dijahit pada sisi yang berbeda dibbanding kemeja pria?
Sudah umum terlihat kancing kemeja pria berada di sebelah kanan, sementara kemeja perempuan kancingnya berada di sebelah kiri.
Ini bukan berarti karena banyak perempuan yang kidal daripada laki-laki.  Seperti dilansir The Sun, ternyata itu sebuah diawali pada zaman Victorian dan dikarenakan pakaian harian perempuan memiliki lapisan rumit yang harus dikenakan.

Saat itu, kancing sangat mahal dan dipandang sebagai simbol status, sehingga hanya perempuan kaya yang memiliki pakaian berkancing banyak di baju mereka.
Tapi wanita kelas atas saat itu jarang memasang pakaian mereka sendiri, dan perlu dibantu oleh pelayan untuk memakaikan pakaian mereka.  Jadi kancing pun ditempatkan di sebelah kiri, untuk membuat para pelayan lebih mudah melakukannya.
Sementara pakaian pria tidak serumit milik perempuan, dan mereka biasanya memasang pakaiannya sendiri, sehingga susunan kancing pun dirancang bagi pemakainya berada di sebelah kanan.
Ketika mesin jahit datang dan fashion menjadi pasar yang lebih massal, posisi kancing terjebak di posisi sesuai gender pemakainya.
Hampir 200 tahun berlalu, tampaknya gagasan posisi kancing di kemeja pria dan perempaun telah menjadi hal biasa bagi dunia fashion.
Kondisi serupa pun ternyata menimpa celana jins modern maupun celana dari bahan lainnya. Posisi kancing masih mengikuti gaya 200 tahun silam.
Ada juga teori lain tentang kenapa posisi kancing pakaian pria dan perempuan berbeda, yaitu di zaman dulu pria selalu identik memegang pedang di tangan kanan.
Kondisi itu membuat pembuat pakaian memosisi kancing pakaian pria berada di sebelah kanan agar penggunanya lebih mudah membuka kancing baju, mantel atau rompi, meski saat itu sang pria sambil memegang senjata mereka.
Namun, itu tidak menjelaskan mengapa kancing pakaian perempuan ditempatkan sebaliknya.  Dan mengapa Anda perlu menanggalkan pakaian sambil mengacungkan pedang atau senjata lainnya?
Sumber: banjarmasinpost.co.id

2 komentar: