Sabtu, 29 Juni 2019

MEDIA PENYULUHAN KEHUTANAN


A. Pengertian Media Penyuluhan
Sebagai suatu sistem pendidikan non formal, yaitu suatu sistem pendidikan terprogram di luar sekolah, kegiatan penyuluhan mutlak memerlukan perencanaan yang jelas mengenai program pendidikan yang akan dilaksanakan. Tentang hal ini, dalam setiap melaksanakan kegiatan penyuluhan, seorang penyuluh tidak hanya cukup menetapkan topik materi penyuluhan dan merancang metoda yang akan diterapkan. Tetapi yang tidak boleh dilupakan adalah persiapan tentang sarana penyuluhan.
Di dalam penyuluhan, sarana penyuluhan sangat penting untuk membantu kelancaran pelaksanaan penyuluhan maupun untuk memperjelas materi yang disampaikan agar mudah diingat dipahami oleh masyarakat sasarannya.

B. Jenis-Jenis Media Pendidikan
1. Alat Bantu Penyuluhan
Alat bantu penyuluhan adalah alat-alat atau sarana penyuluhan yang diperlukan oleh seorang penyuluh guna memperlancar proses mengajarnya selama kegiatan penyuluhan itu dilaksanakan.
Alat bantu diperlukan, untuk mempermudah penyuluh selama melaksanakan kegiatan penyuluhan, baik dalam menentukan dan memilih materi penyuluhan atau menerangkan inovasi yang disuluhkan.
Tentang hal alat bantu penyuluhan, Totok Mardikanto (1985) telah mengemukakan ragam alat bantu penyuluhan yang diperlukan setiap penyuluh sebagai berikut :
1.      Kurikulum
2.      Gambar persiapan penyuluhan
3.      Papan tulis dan papan menempel
4.      Alat tulis
5.      Projector
6.      Perlengkapan ruangan
2. Alat Peraga Penyuluhan
Alat-alat penyuluhan yaitu berupa:
1.       Benda, berupa: sampel (contoh), model (tiruan), spesimen (benda yang diawetkan).
2.      Barang cetakan, berupa: poster dan foto
3.      Gambar diproyeksikan berupa: slide, film, video, TV.
4.      Lambang atau grafika, berupa: grafik, diagram, skema, dan peta.
C. Pemilihan Media Penyuluhan Kehutanan
Suatu hal yang diperhatikan dalam penggunaan alat peraga di dalam pelaksanaan
penyuluhan adalah, pemilihan alat peraga yang paling efektif dan efesien untuk tujuan perubahan perilaku sasaran, yang diinginkan penyuluhnya.  Pengetahuan seperti ini sangat penting, karena:
1. Tidak semua alat peraga selalu tersedia atau mudah disediakan oleh penyuluhnya pada sembarang tempat dan waktu.
2. Alat peraga yang mahal selalu merupakan jaminan sebagai alat peraga yang efektif untuk tujuan perubahan perilaku tertentu.
3. Untuk tujuan perubahan pelaku tertentu tersedia banyak alternatif alat peraga yang dapat digunakan, tetapi dengan tingkat efektivitas dan tingkat kemahalan yang berbeda.
Sumber: Handout Penyuluhan Kehutanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar