Minggu, 23 Juni 2019

BIOLOGI SEBAGAI ILMU


Biologi merupakan bagian dari Ilmu Alamiah (Natural Sciences). Ilmu alamiah (Ilmu pengetahuan Dasar) terdiri dari 3 kelompok, yaitu ilmu-ilmu Fisik, Matematika dan Biologi. Yang termasuk ilmu-ilmu fisik ialah Fisika, Kimia, Meteorologi, Astronomi dan Geologi. Karena Biologi sebagai ilmu alamiah, maka dalam mempelajarinya banyak berkaitan dengan bidang ilmu alamiah lain.
Sebagai ilmu yang mempunyai disiplin tersendiri, maka Biologi juga memiliki ruang lingkup pembicaraan tertentu. Ilmu ini dalam pengembangannya mempunyai hubungan yang sangat erat dengan berbagai ilmu lain. Beberapa ilmu menjadi penunjang dasar adalah Matematika, Fisika, dan Kimia kemudian memberi dan menerima informasi dari Geologi, Sosiologi, Antropologi, Psikologi dan sebagainya.
Biologi pada dasarnya berada diantara ilmu-ilmu yang tergabung dengan ilmu yang abstrak dan yang kongkrit dan ilmu eksakta disatu pihak dengan ilmu-ilmu non eksakta di pihak lain. Kedua kelompok ini berada pada dua kutub yang bertentangan.

Dibidang lain ilmu Biologi menjadi ilmu dasar (basic science) dari berbagai ilmu pengetahuan terpakai (applied science) seperti Kedokteran, Farmasi, Pertanian termasuk Perikanan, Kehewanan, Kehutanan dan sebagainya. Selengkapnya dapat dilihat pada bahan ajar biologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar