Kamis, 03 Januari 2019

TUJUH FAKTA TENTANG KUNANG-KUNANG YANG PERLU ANDA TAHU


Kunang-kunang merupakan salah satu serangga ajaib, sebab dapat mengeluarkan cahaya pada malam hari. Jadilah ia tampak semacam titik cahaya yang melayang-layang mewarnai malam dengan cahaya.
Dilansir dari situs mnn.com yang dikutip national geographic, berikut tujuh fakta soal kunang-kunang yang mesti Anda ketahui.
1. Kunang-kunang termasuk jenis kumbang
Ia merupakan hewan nokturnal anggota Lampyridae, sebuah familia serangga dalam urutan kumbang Coleoptera atau kumbang yang bersayap. Mereka merupakan jenis kumbang dengan nama familia Lampyridae. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "lampein", artinya “bersinar, seperti lampu”.
2. Kunang-kunang alkemis andal
Kunang-kunang menciptakan cahaya seolah-olah memiliki sihir. Padahal tidak ebgitu. Prosesnya, ketika zat kimia yang disebut luciferin di dalam perut mereka digabungkan dengan oksigen, kalsium dan adenosin trifosfat, reaksi kimia terjadi dan menghasilkan cahaya yang spektakuler.

3. Kunang-kunang penghasil cahaya hemat energi
Cahaya yang dihasilkan serangga ini adalah yang paling efisien. Hampir seratus persen dari energi dalam reaksi kimia dipancarkan sebagai cahaya. Sebagai perbandingan, bola lampu pijar hanya memancarkan 10 persen dari energi sebagai cahaya, 90 persen lainnya hilang sebagai panas.
4. Kunang-kunang serangga pemikat
Setiap spesies memiliki pola spesifik kedipan cahaya. Kunang-kunang jantan menggunakan pola ini untuk membiarkan para betina dari spesies yang sama tahu bahwa mereka akan cocok untuk satu sama lain. Ketika seekor betina melihat pelamar yang cocok, dia menjawab dengan kerlipan spesifik tersendiri. Kunang-kunang betina juga mungkin menggunakan informasi kedipan untuk memutuskan jantan mana yang akan dikawini.
5. Memiliki warna lampu seperti pelangi
Meski tidak dengan warna pelangi yang lengkap, mereka punya warna lampu bervariasi antara kuning, merah terang, hijau dan oranye
6. Kunang-kunang menerangi dunia bawah tanah
Bayi kunang-kunang yang masih tinggal di bawah tanah memancarkan cahaya. Di antara beberapa spesies, bahkan telurnya pun bercahaya.
7. Kunang-kunang berdiet
Serangga ini memiliki pola makan yang unik. Kunang-kunang dalam masa pertumbuhannya sebagian beralih menjadi kanibalisme dan makan kunang-kunang lain. Tetapi sebagian lainnya memakan serbuk sari dan nektar, dan beberapa lagi tak makan apa pun sama sekali selama hidup mereka yang pendek.
https://senggang.republika.co.id/berita/senggang/unik/15/06/17/nq24h4-tujuh-fakta-tentang-kunangkunang-yang-perlu-anda-tahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar