Sabtu, 12 Januari 2019

AGAR BUMI KITA TIDAK SEMAKIN PANAS

Tahukah sobat kalau 37% total emisi CO2 datang dari sektor listrik adalah polutan terbesar, yaitu 23 trilyun ton emisi CO2 per tahun atau lebih dari 700 ton per detik dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil.  Tahukah sobat kalau kendaraan yang mengkonsumsi 7,8 liter bahan bakar per 100 km dan menempuh jarak 16 ribu km, setiap tahunnya mengeluarkan emisi 3 ton CO2 ke udara?
Atau penyebab yang sederhana saja.  Tahukah sobat, saat kita menonton TV, menyalakan AC, menyalakan lampu, menggunakan komputer, bermain play station, menggunakan microwave, mencuci atau mengeringkan pakaian dengan mesin cuci, menyetrika baju, dan semua aktivitas yang menggunakan listrik berarti kita sudah membuat bumi bertambah panas?
Nah, agar bumi tidak semakin panas, ada banyak hal yang bisa kita lakukan.  Diantaranya:

1. Matikan alat elektronik jika sudah tidak digunakan! TV,DVD, VCD, MP3, komputer, games, dan lain-lain.  Ketika sobat tidak sedang menggunakannya, sobat akan menghemat beribu-ribu kilogram karbondioksida per tahun.
2. Memilih teknologi terbaru yang membutuhkan energi sedikit namun tetap nyaman.  Misalnya dengan menganti lampu hemat listrik.  Karena ternyata, menggunakan energi dengan bijaksana akan mengurangi kebocoran energi yang tidak perlu.
3. Kalau melakukan perjalanan jarak dekat, usahakan tidak menggunakan kendaraan yang menghasilkan gas karbondioksida.  Misalnya membudayakan jalan kaki dan bike to work.  Hitung-hitung olahraga.  Atau kalau jaraknya lumayan jauh, bisa juga kan kita naik mobil beramai-ramai atau menggunakan angkutan umum.
4. Kalau kamu butuh air hangat untuk mandi, air panas untuk minum kopi dan teh, atau mencuci pakaian, maka gunakan secukupnya saja.  Karena itu bisa membantu mengurangi 420 kg karbondioksida per tahun.  Banyak, kan?
5. Hindari membeli produk dengan bungkus yang berlapis-lapis.  Tahukah sobat, setiap kali sobat mengurangi 10% sampah saja, sobat sudah mengurangi 600 kg karbondioksida
6. Mendaur ulang sampah kertas kita dalam sehari.  Hal ini bisa menghemat 1200 kg karbondiosida pertahun.
7. Yang terakhir tentunya aksi tanam pohon.  Bayangkan jika satu pohon saja bisa menghisap 1 ton karbondiosida sepanjang hidupnya.  Kira-kira berapa puluh juta pohon yang dibutuhkan untuk menyerap karbondioksida yang juga sudah puluhan juta ton jumlahnya di udara?
(Diyah Kusumawardhani/Sabili)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar