Minggu, 17 November 2019

BURUNG DI KOTA LEBIH BERKICAU PADA MALAM HARI


Burung Robin di daerah kota berkicau di malam hari karena pada siang hari terlalu berisik, ujar para peneliti. Peneliti dari Universitas Sheffield mengatakan bahwa ada hubungan antara tingkat kebisingan pada siang hari dengan jumlah burung yang berkicau pada malam hari.
Pada awalnya, para peneliti berpendapat bahwa terangnya lampu-lampu kota merupakan penyebab burung-burung tetap berkicau. Alasannya adalah para burung itu mengira bahwa hari masih siang karena lampu kota sangat terang.
Dr. Fuller dari Royal Society Journal Biology Letters mengatakan memang belum ada penelitian mengenai dampak polusi cahaya terhadap perilaku burung. “Akhirnya kami memutuskan untuk melakukan penelitian mengenai dampak polusi cahaya dan kebisingan kota pada siang hari terhadap perilaku burung,” ujar Fuller.

“Kami menemukan bahwa pengaruh cahaya dari lampu kota pada malam hari terhadap perilaku burung sangat kecil, sedangkan pengaruh kebisingan pada siang hari terhadap perilaku burung cukup besar.”
Hal itu menyimpulkan bahwa burung memilih untuk berkicau pada malam hari bukan karena cahaya lampu, melainkan karena pada siang hari kota terlalu berisik.
“Burung-burung itu berkicau pada malam hari karena pada siang hari mereka kalah bising dengan suasana kota,” ujar Dr. Fuller.
https://www.beritasatu.com/iptek/59762/burung-di-kota-lebih-berkicau-pada-malam-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar