Selasa, 05 Februari 2019

INI ALASAN MENGAPA BURUNG BISA TERBANG MENURUT PENELITIAN


Semua bagian tubuh burung diciptakan untuk membantunya bisa terbang. Mereka memiliki tulang yang ringan, kaki yang kuat, dan sayap dengan bentuk khusus. Terbang membuat burung bisa menghindari predator lain susah menangkap dan menjadi pemburu makanan yang pintar.
Di sini kita berbicara tentang aerodinamika. Ilmu ini merupakan penjelasan bagaimana udara bergerak di sekitar kita, dan juga membantu menjelaskan bagaimana burung bisa terbang.
Seekor burung bisa terbang karena menggunakan kakinya untuk mendorong tubuhnya dari tanah ke udara. Burung akan mengepakkan sayap untuk bisa tetap melayang di udara, yang disebut dengan gaya angkat (lift). Bila burung mendorong kaki dan mengangkat sayapnya secara bersamaan, mereka baru bisa terbang.

Sayapnya berbentuk melengkung, seperti sendok terbalik. Bentuk ini membuat burung bisa terbang ke atas, ke bawah, dan membantu burung tetap bisa di udara. Bulu burung juga berpengaruh dalam hal ini agar gaya angkatnya semakin besar.
Burung juga tidak harus mengepakkan sayap mereka untuk terbang. Setelah mereka berada di atas, mereka bisa meluncur dengan mudah. Burung hanya butuh mengepakkan sayap sekali-kali saja. Berbeda jenis burung, bisa jadi cara terbangnya juga berbeda.
Ada beberapa burung yang bisa terbang dan meluncur dengan sangat cepat untuk menangkap ikan di sungai atau lautan. Apakah Anda pernah melihat burung terbang di sebelah pesawat yang Anda tumpangi?
Sumber: Mental Floss [lar]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar