Rabu, 11 Oktober 2017

KICAU BURUNG DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN

Berbagai peran dan manfat burung telah banyak diketahui, manfaat tersebut umumnya berlaku jika dihutan atau habitat yang jauh dari pemukiman manusia. Namun hal tersebut hampir tidak berlaku di lahan budidaya manusia.  Di lahan tersebut, burung banyak diburu karena dianggap sebagai hama dan tidak mempunyai manfaat terhadap tanaman budidaya.  Pada areal budidaya dan areal pemukiman masyarakat manfaat burung hanya dari suaranya yang merdu dan warna bulunya yang indah, atau perannya sebagai pembasmi serangga.  Namun, dari hasil penelitian, selain suara yang merdu dan warna bulu yang indah, burung diketahui mempunyai manfaat positif terhadap tanaman.

Seorang peneliti asal Australia, Dr. Dan Carlson pernah melakukan riset.  Dalam penelitiannya di University of Minnesota, dia mempelajari tentang suara tertentu yang bisa membuka lubang kecil di sisi belakang daun, yang disebut stomata.  Saat stomata terbuka, daun bisa menyerap lebih banyak pupuk dan meningkatkan produksi tanaman.  Suara yang digunakan pada penelitian tersebut mirip dengan lagu burung. Jadi Dan Carlson mulai menggunakan suara burung dalam penelitiannya dan menemukan bahwa nyanyian burung secara dramatis dapat membuka stomata. Dan menyimpulkan bahwa pembukaan stomata tumbuhan dapat dipengaruhi oleh frekuensi suara kicau burung. 
Stomata diketahui mempunyai peran dan fungsi penting terhadap pertumbuhan tumbuhan. Beberapa fungsi stomata yaitu:
1. Fotosintesis
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan dengan bantuan sinar matahari, karbondioksida, dan air. Tanaman memperoleh karbon dioksida dari atmosfer yang diambil melalui stomata. Molekul air kemudian dipecah menjadi hidrogen dan oksigen. Oksigen kemudian dilepaskan di atmosfer sebagai produk sampingan. oksigen dirilis keluar melalui stomata. Jadi, stomata bisa dikatakan berperan sebagai media pertukaran gas.
2. Transpirasi
Transpirasi adalah proses penguapan air dari permukaan tanaman. Penguapan dilakukan melalui bukaan stomata. Transpirasi membantu tanaman menjaga suhu tubuhnya agar tidak terlalu panas sekaligus juga membantu transfer mineral dan bahan lainnya ke berbagai bagian tanaman.
3. Mencegah Kehilangan Air
Fungsi lain stomata adalah untuk membatasi kehilangan air. Hal ini dilakukan dengan pembukaan dan penutupan stomata. Tanaman tidak dapat membuat makanan di malam hari karena tidak adanya sinar matahari. Itu sebab, pada malam hari stomata menutup untuk menghindari penguapan air yang tidak perlu. Segera setelah sinar matahari mengenai daun, terjadi perubahan tekanan turgor. Tekanan turgor akan membuka pori-pori stomata.
Terbukanya stomata berarti proses fotosintesis, transpirasi, dan respirasi akan berlangsung.  Semakin besar pembukaan stomata maka penyerapan karbondioksida dan mineral menjadi lebih maksimal.
Dengan peran pentingnya stomata tersebut, secara langsung suara nyanyian burung mempunyai manfaat yang besar terhadap tanaman. Bahkan bisa meningkatkan produksi tanaman dua kali lipat. 
Keterkaitan antara burung dan stomata dapat dilihat dari waktu aktif burung dan stomata yang terjadi pada waktu yang bersamaan. Seperti diketahui pembukaan stomata terjadi pada pagi hari mulai pukul 08.00 hingga 10.00.  Setelah sore hari antara pukul 15. 00 dan 17.00. Dan waktu pembukaan stomata tersebut juga merupakan waktu aktif burung. Burung aktif pada pagi (08.00-10.00) dan sore hari (15.00-17.00).
Hasil penelitian Carlson tersebut juga telah digunakan dihampir seluruh dunia  dengan hasil yang luar biasa. Pada satu kebun jeruk di florida, pohon disemprot dengan nutrisi cair bersamaan dengan nada sonik seperti burung yang dimainkan melalui rumpun. Jeruk dari pohon itu tidak hanya manis, tapi juga mengandung vitamin C seratus persen lebih banyak daripada pohon jeruk di sekitarnya.
Maka nyanyian burung bukan hanya sekedar menenangkan jiwa, tetapi mempunyai banyak manfaatnya salah satunya yang telah terkuak adalah meningkatkan produksi tanaman.  Dan berbagai manfaat lainnya yang belum kita ketahui.  Sehingga memahami alam bukan hanya kemewahan tapi juga kebutuhan.  Tidak ada ciptaan Allah SWT yang sia-sia.
“..(Orang-orang yang mempunyai akal yang cerdas) yaitu orang-orang yang mengingat Allah saat dia berdiri, duduk dan berbaring, mereka memikirkan tentang penciptaan langit-langit dan bumi (kemudian berkata) Wahai Pemelihara kami, Engkau tidak menciptakan semua ini sia-sia. Maha suci Engkau, maka jagalah kami dari adzab neraka” (Ali-Imron (3): Ayat 191).
(Moh. Ihsan Nur Mallo).

Sumber Acuan:
Suara Kicau Burung Dapat Meningkatkan Produktivitas Padi. http://burungnya.com/suara-kicau-burung-dapat-meningkatkan-produktivitas-padi/
Frekuensi Kicauan Burung Bisa Tingkatkan Produktivitas Tanaman Padi. http://regional.kompas.com/read/2016/09/29/14230601/frekuensi.kicauan.burung.bisa.tingkatkan.produktivitas.tanaman.padi
Apa itu Stomata? Ketahui 3 Fungsi Stomata pada Tumbuhan. https://www.amazine.co/25238/apa-itu-stomata-ketahui-3-fungsi-stomata-pada-tumbuhan/
Van Lippe, Biesterfeld, Van Tijn. 2005.  Science, Soul and the Spirit of Nature: Leading Thinkers on the Restoration of Man and Creation. Inner Traditions Bear and Company, United States.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar