Kamis, 23 Juli 2015

Ngejaga diri Dari Fitnah Wanita, Gimana Caranya?



Masih ingat nggak, Bill Clinton, salah satu presiden Amerika yang nyaris ambruk dari kursi presiden gara- gara cewek yang bernama Monica Lewinsky? Atau Silvio Berlusconi, orang terkaya ketiga di Itali plus Perdana Menteri Italia, yang juga ikut tercoreng namanya setelah terlibat Affair dengan sejumlah cewek model, artis-artis muda, dan presenter televisi?. Nah  ternyata nggak cuma mereka aja yang hampir “selesai” karena godaan cewek.  Eliot Spitzer, Si Gubenur New York yang  pandai banget berpidato itu malah lebih buruk nasibnya. Karirnya bener- bener tamat sodara- sodara, setelah terjegal skandal prostitusi.

Mereka bertiga, barulah contoh kecil dari beberapa cowok yang udah kena fitnah dari para cewek. Jaman dulu dan apalagi jaman sekarang, pastinya bakal lebih banyak contohnya. MasyaAllah, ternyata emang pas banget yang dipesankan oleh Rasulullah SAW, 14 abad lalu. Beliau, Rasul SAW bersabda : “Tidaklah aku tinggalkan fitnah yang lebih besar bagi kaum lelaki melebihi fitnah wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Karena itulah, kali ini kita mau ngebahas tentang gimana caranya ngejaga diri buat para cowok- cowok, supaya nggak kejerat fitnah wanita. Apa aja caranya? contohnya seperti dibawah ini.
1. Kudu punya iman yang tulen
Ingat nggak, kisah Isham As Syar’abi, mahasiswa Yaman yang tinggal di Arizona yang digoda 5 cewek Amerika buat berzina? Dia bahkan nekat buat lompat dari jendela apartemennya, buat menghindari para cewek- cewek itu. Padahal di depan matanya, itu cewek udah menggoda dengan segala cara. Tapi tetap saja si cowok nggak nanggepin. Cerita mirip tragedi yang dialami Nabi Yusuf ini, asli bener- bener kejadian di dunia nyata. Tapi Alhamdulillah- nya itu cowok- cowok memang pada sholeh, jadi nggak kejadian deh itu tragedi zina. Dan hal keren begini terjadi juga akibat si cowok yang punya iman super tulen.
Dengan iman, akhirnya mereka bisa selamat dari musibah yang pastinya bakal ngebuat mereka susah seumur hidup. Walaupun itu artinya mereka juga kudu masuk penjara kaya’ nabi yusuf  atopun berdarah- darah karena lompat dari jendela kaya’ si Isham tadi.
2. Menahan pandangan
Hal kedua yang bisa dilakuin buat tameng diri kita dari godaan para cewek adalah, menahan pandangan. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat An-Nur ayat 30, yang artinya : “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”
Kalo Allah udah kasih rambu- rambu, itu berarti kita kudu ati- ati. Karena semua yang Allah perintahkan pasti baik buat kita. So, walaupun hanya sekedar memandang, tapi jangan pernah sepelein akibatnya, bos. Kita bisa tau itu cewek cantik ato standart kan dari memandang juga. Nah kalo kita nggak pinter- pinter manage hati, bisa- bisa membekas dan bener- bener jadi fitnah.
3. Jaga jarak
Kutub positif emang paling pas kalo ketemu yang negatip. Dengan kata lain, cewek adalah makhluk paling menggoda buat para cowok. Karena itu kalo emang udah niat ngejaga diri, otomatis juga kudu pinter ngejaga jarak. Ini penting banget, karena selain buat meminimalkan penyakit hati, pikiran juga jadi nggak ngeres lagi. Kalo udah gitu bisa lebih sehat lagi iman kita.
4. Milih temen gaul
Rasulullah bersabda, “Seseorang itu tergantung agama teman dekatnya, maka hendaklah setiap orang memperhatikan siapa teman dekatnya .” (HR. Abu Daud). Pesan mulia ini memang bener- bener pas buat kita. Karena, bisa jadi kita udah ngejaga diri banget, tapi karena salah gaul kita jadi ikut- ikutan sama temen yang ngebawa virus kurang baik buat diri kita. Contoh kasus, kita sebenarnya nggak mau pacaran, tapi karena lihat tiap hari temen gaul kita ngomongin tentang pacar- pacar mereka, lama- lama kita pasti bakalan kegoda buat nyoba pacaran juga. Karena itu memilih teman ternyata penting lho buat kesehatan iman kita, terutama dalam hal yang berkaitan dengan para cewek.
5. Merit alias menikah
Solusi akhir kalau emang bener- bener udah nggak bisa menahan fitnah adalah merit alias nikah. “Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu anhu, dia berkata, Nabi Sallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian mampu menikah, maka menikahlah. Dan barangsiapa yang belum mampu, hendaklah berpuasa. Karena (puasa) itu tameng baginya”. (HR. Bukhari).
Dan, buat yang satu ini siapapun tahu lah, kalau nikah itu ada hak dan kewajiban yang kudu dilakuin. Karena itu sebelum kamu bener- bener melangkah dalam pernikahan, hal pertama yang kudu dilakuin adalah memastikan kalau kamu bener- bener siap dengan segala konsekuensinya.
(Nayma/Panjimas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar