Senin, 20 Juni 2016

Tips Memanfaatkan Rice Cooker Ala Anak Kos



Karena benda satu ini disebut sebagai rice cooker, otomatis otak kita cuma memanfaatkan benda ini sebagai penanak nasi. Tapi, kalau dalam kondisi terdesak bin terpaksa kayak yang dialami anak kos, rice cooker bisa jadi benda multi fungsi loh. Apa saja fungsinya?
Merebus sayur dan telur
Buat yang doyan sayur, tapi bingung mengolahnya karena kos-an nggak ada dapur? Bisa merebus sayur pakai rice cooker! Kalau mau tambah sumber protein yaitu telur, bisa kamu masak sambil menanak nasi.

Masak mie instan
Tapi, jangan tiap hari juga masak mie instannya. Rice cooker bisa jadi pengganti kompor dan panci untuk memasak mie instan. Pastikan tombol rice cooker pada posisi 'Cook' saat akan membuat mie instan agar bisa berfungsi dengan baik.
Goreng-goreng
Bikin telur, tahu, atau tempe goreng juga bisa memanfaatkan rice cooker. Saat menggoreng pakai minyak yang banyak dan sodet kayu agar bahan masakan yang digoreng tidak lengket dan lapisan rice cooker tidak cepat mengelupas.
Memasak nasi goreng
Bosan dengan menu nasi putih? Bisa juga memasak nasi goreng pakai rice cooker. Caranya, lakukan proses menanak nasi seperti biasa, kalau sudah hampir matang (air mulai menyusut) masukkan bumbu nasi goreng, aduk hingga merata, tutup rice cooker, dan tunggu sampai nasi benar-benar matang.
Masakan rumahan
Tumis sawi, sayur sop, sarden, bahkan opor ayam pun bisa kamu masak pakai rice cooker, Sob! Cara masaknya pun mirip saat masak pakai alat konvesional. Bayangkan saja rice cooker itu adalah kompor dan wajan yang biasa ibu kamu pakai di rumah.
Bubur
Saat sedang sakit kadang jadi homesick karena biasanya kalau di rumah ada yang merawat termasuk ngebikinin kamu bubur. Nggak usah terlalu homesick lagi, Sob. Rice cooker di kamar kos bisa jadi alat untuk memasak bubur juga kok. Langkahnya sama seperti saat menanak nasi biasa, cuma tambahkan lebih banyak air saat memasaknya, yaitu 1:4. Masak beras sebanyak 1 gelas dengan air sebanyak 4 gelas.
Penyimpanan Makanan
Kalau kamu beli makanan saat malam sudah larut dan ingin memakannya lagi keesokan harinya, kamu bisa memanfaatkan rice cooker untuk menyimpannya. Misal nih kamu beli nasi padang pakai ayam popnya, pisahkan antara nasih dengan lauk, masukkan ke rice cooker, dan pastikan tombol rice cooker dalam di posisi 'Warm'.
Semoga bermanfaat.
www.annida-online.com

2 komentar:

  1. Sangat membantu sekali artikelnya! Apalagi untuk yang suka menghemat. Terima kasih sudah berbagi tipsnya.

    Oxone

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat:)

    ricecooker 6in1

    BalasHapus