Sebagian
manusia terlalu sombong, tidak mau berdoa, seakan ia bisa menghasilkan sesuatu
tanpa pertolongan dari Allah Ta’ala.
Sebagian
manusia terlalu sombong, tidak mau berdoa, seakan ia bisa beribadah tanpa
pertolongan dari Allah Ta’ala.
Sebagian
manusia terlalu sombong, jarang berdoa, seakan kekuatan manusiawinya lah yang
dapat mewujudkan seluruh asa dia tanpa pertolongan dari Allah Ta’ala. Coba perhatikan hal-hal berikut, niscaya kita
akan semangat selalu berdoa kepada Allah Ta’ala atas keperluan dunia dan
akhirat kita.
Seorang
yang tidak berdoa adalah orang sombong
{وَقَالَ
رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ
عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ} [غافر: 60]
“Dan Rabbmu
berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.
Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk
neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mukmin: 60).
Asy
Syaukani Rahimahullah berkata, “Ayat ini memberikan faedah bahwa doa adalah
ibadah dan bahwa menginggalkan berdoa kepada Rabb yang Maha Suci adalah sebuah
kesombongan, dan tidak ada kesombongan yang lebih buruk daripada kesombongan
seperti ini, bagaimana seorang hamba berlaku sombong tidak berdoa kepada Dzat
yang merupakan Penciptanya, Pemberi rezeki kepadanya, Yang mengadakannya dari
tidak ada dan pencipta alam semesta seluruhnya, pemberi rezekinya, Yang
Menghidupkan, Mematikan, Yang Memberikan ganjarannya dan yang memberikan
sangsinya, maka tidak diragukan bahwa kesombongan ini adalah bagian dari
kegilaan dan kekufuran terhadap nikmat Allah Ta’ala.
Seorang
yang berdoa adalah orang yang paling dimuliakan oleh Allah ta’ala
عَنْ أَبِى
هُرَيْرَةَ رضى الله عنه عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « لَيْسَ
شَىْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ»
“Abu Hurairah
radhiyallahu ‘anhu berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak
ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah dibandingkan doa.” (HR. At
Tirmidzi).
Para
ulama mengatakan kenapa doa sesuatu yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala
dibandingkan yang lainnya: “Karena di dalam doa terdapat bentuk sikap
perendahan diri seorang hamba kepada Allah dan menunjukkan kuasanya Allah
Ta’ala.”
Allah
Ta’ala sangat, sangat, sangat menyukai hamba-Nya merendah diri kepada-Nya dan
menunjukkan bahwa hanya Allah Ta’ala satu-satu-Nya Yang Berkuasa, Yang Maha
Pengatur, yang Maha Pencipta, tiada sekutu bagi-Nya.
Dengan
doa kita melawan, menahan, meringankan bala dan musibah
عن عائشة رضي
الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا يغني حذر من قدر و الدعاء
ينفع مما نزل ومما لم ينزل وإن البلاء لينزل فيتلقاه الدعاء فيعتلجان إلى يوم
القيامة.
“Aisyah
radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
”Sikap kehati-hatian tidak menahan dari takdir, dan doa bermanfaat dari apa
yang terjadi (turun) ataupun yang belum terjadi (turun) dan sesungguhnya bala
benar-benar akan turun lalu dihadang oleh doa, mereka berdua saling dorong
mendorong sampai hari kiamat.” (HR. Al Hakim dan dihasankan oleh Al Albani
di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 7739).
Seorang
yang berdoa tidak pernah rugi
عَنْ أَبِى سَعِيدٍ
أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو
بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ
بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ
يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ
مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ «اللَّهُ أَكْثَرُ»
“Abu Sa’id
radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata:
“Tidak ada seorangpun yang berdoa dengan sebuah dosa yang tidak ada dosa di
dalamnya dan memuutuskan silaturrahim, melainkan Allah akan mengabulkan salah
satu dari tiga perkara, baik dengan disegerakan baginya (pengabulan doanya) di
dunia atau dengan disimpan baginya (pengabulan doanya) di akhirat atau dengan
dijauhkan dari keburukan semisalnya”, para shahabat berkata: “Wahai Rasulullah,
kalau begitu kami akan memperbanyak doa?” Beliau menjawab: “Allah lebih banyak
(pengabulan doanya)” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Shahih
At Targhib wa At Tarhib, no. 1633).
Ibnul
Qayyim rahimahullah menjelasakan tentang ajaibnya doa
“Dan
demikian pula doa, sesungguhnya ia adalah salah satu sebab yang paling kuat
menahan keburukan, mewujudkan permintaan, akan tetapi berbeda pengaruh doanya,
baik karena lemahnya pada doa tersebut yaitu doanya merupakan sesuatu yang
tidak dicintai Allah karena di dalamnya terdapat permusuhan, maka doanya
seperti busur yang tipis sekali, maka anak panah keluar darinya sangat lemah,
atau karena terdapat yang menahan dari pengabulan doa, seperti; makan harta
yang haram, perbuatan zhalim, dosa-dosa yang menutupi hati, terlalu lalai,
penuh hawa nafsu dan kelalaian. Sebagaimana yang di sebutkan di alam kitab Al
Muastdarak akrya Al Hakim dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu nabi shallallahu
‘alaihi wasallam bersabda: “Berdoalah kepada Allah dalam keadaan kalian yakin
dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak menerima sebuah doa dari hati yang
lalai,” maka (doa seperti) ini adalah doa yang bemanfaat, menghilangkan
penyakit akan tetapi lalainya hati terhadap Allah membatalkan kekuatannya dan
begitujuga memakan yang haram membatalkan kekuatannya dan mengguranginya. Abu
Dzarr radhiyallahu ‘anhu berkata, “Cukup doa disertai dengan amalan yang baik
sebagaimana makanan disertai dengan garam.”
Beliau
juga berkata, “Dan doa termasuk obat yang paling manjur, ia adalah musuhnya
bala, melawannya, melarang turunya dan mengangkat dan meringankannya jika ia
turun, dan ia adalah senjatanya orang beriman. Doa berhadapan dengan bala tiga
keadaan;
1 Doanya lebih kuat daripada bala maka ia
menolaknya.
2 Doanya lebih
lemah daripada bala, maka akhirnya bala yang menang, dan mengenani hamba akan tetapi terkadang meringankannya
jika ia lemah.
3 Doa dan bala’ saling berlawanan dan manahan
setiap salah satu dari keduanya.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar